Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 15 Januari 2014

Biografi singkat "Sri Sultan Hamengkubuwono IX"

Hai Bloger!
Kalian pasti tidak asing lagi mendengar nama Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Apa lagi bagi kalian para Pramuka. 
Pasti sangat tahu mengenai bapak Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Kali ini aku mau bahas biografi singkat Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Selamat membaca :D

 Sri Sultan HamengkuBuwono IX

Lahir               : Yogyakarta, 12 April 1912
Wafat             : Amerika Serikat, 3 Oktober 1988
Makam         : Imogiri, Yogyakarta

Ia adalah Raja Yogyakarta Hadiningrat dengan gelar Sampeyan Dalem Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing Ngalogo Sayidin Panata Gama yang dinobatkan pada bulan Maret 1940. Kerajaan Yogyakarta waktu itu adalah bagian dari Hindia Belanda dan tunduk pada peraturan Belanda.
            
Sri Sultan yang memiliki nama kecil Gusti Raden Mas Dorodjatun adalah seorang yang berpendirian tegas dan nasionalis sejati. Dua hari setelah proklamasi Sri Sultan mengirimkan telegram ucapan selamat kepada Soekarno Hatta dan menyatakan bahwa kerajaan Yogyakarta adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini kemudian diikuti oleh raja-raja Surakarta yakni Paku Alaman dan Mangkunenggaran pada tanggal 1 September 1945.
            
Meski ia seorang raja, jiwa besar Sri Sultan Nampak ketika ia ikhlas dan tanpa pamrih menerima jabatan sebagai Menteri Negara demi kepentingan rakyat banyak. Yogyakarta kemudian ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara dengan pertimbangan keamanannya lebih baik daripada Jakarta.
            
Tanggal 27 Desember 1949, Hamengku Buwono IX dipercaya untuk memimpin Delegasi RI pada saat serah terima kedaulatan RI dari Belanda di Indonesia. Serah terima ini juga dilakukan di Den Haag, Belanda, dengan Mohammad Hatta sebagai ketua Delegasi RI.


            
Selain menteri, Sri Sultan pernah menjabat sebagai Menteri pertahanan dan pemerintahan, wakil perdana menteri pada cabinet natsir, dan terakhir sebagai Wakil Presiden RI hasil pemilu 1971. Ia juga menjabat sebagai ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI), ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, serta ketua dewan Pembimbing Lembaga Pariwisata Nasional. Sri Sultan Hamengku Buwono IX diberi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah melalui SK Presiden RI No.053/TK/1990.

0 komentar:

Posting Komentar