Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 14 Januari 2014

Resensi novel "1000 Burung Kertas untuk Dae"


Hai Blogger!
Pada kali ini aku mau kasih tau kalian tentang resensi buku yang pernah aku baca. Novel ini menceritakan tentang jerih payah seorang sahabat demi sahabatnya. Pokoknya sangat menyedihkan dan mengharukan. Baca yuk!

INDENTITAS BUKU
  • Judul buku       :   1000 Burung Kertas untuk Dae
  • Penulis             :   Keisha Sarang
  • Penerbit           :   Laskar Aksara
  • Cetakan           :   Pertama tahun 2012
  • Tebal               :   196 halaman
  • Sasaran resensi :   Remaja
PEMBUKA RESENSI

          Novel ini ditulis oleh Keisha Sarang. Ia lahir di Kyoto, Jepang. Ia menggambarkan sosok seorang sahabat dengan sebuah novel. Sudah banyak novelnya yang diterbitkan, antara lain 1000 Burung Kertas untuk Dae, Eragon, dan Please Enjoy The Sinopsis.

SINOPSIS

Kisah persahabatan seorang anak kecil berusia 10 tahun yang berasal dari Jepang, bernama Chizu dengan seorang anak sebayanya dari Korea, bernama Dae. Persahabatan yang tulus dan murni mereka jalani dari lubuk hati yang terdalam. Persahabatan mereka berjalan dengan menyenangkan dan penuh dengan kebahagiaan. Segala perbedaan diantara mereka, tak dihiraukan. Mereka hidup bersama untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing. Suka maupun duka akan selalu mereka bagi bersama. Kasih sayang yang tulus dan murni itu muncul dan mempersatukan mereka menjadi seorang sahabat yang abadi.

Hingga suatu hari, Chizu mengetahui bahwa Dae memiliki suatu penyakit yang sangat parah. Leukimia, penyakit yang kini bersarang di tubuh kecil Dae. Chizu amat terpukul dengan kenyataan saat itu. Ia sudah tak memiliki siapapun yang akan hadir dan selalu menemaninya.

Keadaan Dae makin lama bukannya semakin membaik tapi semakin buruk. Karena, ia telat dalam menjalani perawatan dan penyakitnya itu telah sampai di stadium akhir. Chizu yang mengetahui semua itu, benar-benar hampir putus asa. Ia sudah tak tahu apa yang harus diperbuatnya lagi. Hingga ia ingat dengan sebuah kisah. Dimana dulu juga ada seorang anak kecil yang berjuang melawan penyakitnya akibat dari pengeboman di Hiroshima. Anak itu selama sisa hidupnya membuat burung kertas yang berasal dari kertas berwarna emas. Ia membuat burung kertas itu atau biasa disebut Tsuru hingga jumlahnya 1000. Namun, sebelum burung itu terkumpul semua, ia telah berada disamping Tuhan. Sejak saat itu, seluruh masyarakat Jepang percaya bahwa, siapa yang dapat membuat 1000 Burung Kertas (Tsuru) maka 1 permintaan yang ia ucapkan akan terkabul.

Semua usaha yang ia telah lakukan terasa sia-sia. Bagaimana tidak? Saat orang-orang disampingnya berkata bahwa Dae telah tiada. Ia benar-benar terpuruk. Sahabat satu-satunya dan orang yang selalu ada disaat ia membutuhkan kini telah pergi meninggalkannya untuk selamanya. Sakit. Hampa. Sunyi. Itulah yang ia rasakan. Semua perasaan itu bertambah lagi, saat ia harus menerima kenyataan bahwa Dae harus pergi meninggalkannya tepat saat ia berulang tahun. Burung Kertas yang ia buat-pun tak sampai 1000. Hanya ada 999. Kekurangan jumlah yang disengaja karena ulah teman sekolahnya, Bin. Ia menyalahkan dirinya sendiri, karena tak bisa membuat 1000 burung kertas itu untuk Dae. Jika bisa, pasti Dae masih akan disampingnya saat ini. Pikirnya.

Dae, sahabat itu seperti kedua mata kita...
Berkedip, melihat dan memejam sama-sama...
Kamu tahu? Kini namaku berubah menjadi Dae Chizu Keiko
Sebagai lambang persahabatanku denganmu...

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN NOVEL

Dari novel 1000 Burung Kertas untuk Dae ini, kita dapat mengambil banyak pelajaran. Bahwa sahabat adalah orang yang sangat berharga. Kita banyak belajar tentang persahabatan yang sebenarnya. Mencari seorang sahabat sejati sangatlah sulit. Maka dari itu kita pantas merelakan apa yang kita punya demi sahabat. Buku ini juga banyak mengandung nilai-nilai positif. Terutama nilai positif dalam memaknai apa itu PERSAHABATAN. Penulis juga menuangkan kata-kata indah tentang persahabatan. Di dalam buku ini juga menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, sehingga pembaca mudah untuk memahami maksudnya. Namun, novel ini juga menggunakan kosakata bahasa Korea dan Jepang yang seharusnya diikutsertakan dengan artinya. Karena tidak semua pembaca dari Indonesia mengerti bahasa Korea dan Jepang.

PENDAPAT RESENSATOR

Menurut saya, novel ini cukup menarik. Sangat cocok untuk para remaja yang sangat sayang terhadap sahabatnya. Penulis sangat menggambarkan perjuangan seseorang demi sahabatnya. Novel ini sangat mengharukan dan menyedihkan. Dari novel ini, kita banyak belajar tentang persahabatan yang sebenarnya.

RESENSATOR : Latifa Nursyabania

4 komentar:

  1. terima kasih sinopsis INI membantu ku

    BalasHapus
  2. terima kasih sinopsis INI membantu ku

    BalasHapus
  3. terima kasih sinopsis INI membantu ku

    BalasHapus
  4. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/04/kualitas-terbaik-dan-kelemahan-kamu.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus